Tentang Ayo Melek Gizi


Untuk mengurangi permasalahan kurang gizi pada balita Sari Husada pada tahun 2009 meluncurkan Program Ayo Melek Gizi yaitu program gizi seimbang bagi para kader Posyandu dan para Ibu yang bekerja sama dengan PKPU dan dikembangkan bersama dengan nutrisionis serta didukung oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Program Ayo Melek Gizi menekankan pada pengenalan mengenai apa itu zat gizi, jenis zat gizi, serta Angka Kebutuhan Gizi (AKG). Diharapkan dengan edukasi gizi ini para Ibu mampu untuk menyusun menu sederhana bagi anak dan keluarganya dengan kandungan gizi yang seimbang sehingga permasalahan kekurangan gizi di Indonesia dapat berkurang.

Sejak diluncurkan hingga tahun 2010, Program Ayo Melek Gizi telah berhasil melakukan edukasi kepada kader Posyandu sebanyak 1.670 orang dan 35.866 Ibu di Posyandu di area Jawa Barat. Di tahun 2011 ini, Program Ayo Melek Gizi terus dijalankan baik melalui Posyandu maupun melalui kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh Sari Husada.

Pada tahun 2011 Program Ayo Melek Gizi memperoleh penghargaan dari Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia dalam bentuk Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Award. Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Award merupakan apresiasi bagi perusahaan-perusahaan yang berkomitment dan melaksanakan program untuk mencapai 7 (tujuh) dari 8 (delapan) tujuan Millenium Development Goals. Penghargaan lain yang diterima yaitu dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Corporate Forum for Community Develpoment (CFCD) berupa Indonesian CSR Award (ICA) 2011.